Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Akan Kontrol Ketat Penggunaan Bom Cluster Kontroversial

News
09 July 2023 14:00

Ilustrasi bom cluster Ukraina. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bom cluster Ukraina. (Sumber: Bloomberg)

Olesia Safronova - Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina menyambut baik keputusan Amerika Serikat untuk mengirimkan bom cluster walaupun dinilai berpotensi bahaya bagi warga sipil. Dengan adanya kekhawatiran tersebut, Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov menguraikan "lima prinsip utama" yang katanya akan dipakai untuk mengatur penggunaan senjata kontroversial tersebut.

Bom cluster merupakan jenis senjata yang dilarang digunakan di lebih dari 100 negara, termasuk beberapa anggota NATO yang menjadi sekutu utama Ukraina. Dalam postingan di Twitter, Reznikov mengatakan senjata tersebut akan digunakan dalam serangan balasan terhadap Rusia.

Reznikov mengatakan, senjata-senjata tersebut akan membantu Ukraina membebaskan wilayah yang berhasil diduduki oleh Rusia dan menyelamatkan nyawa para tentaranya. Ia kemudian mengacu pada Pasal 51 Piagam PBB yang dinilai oleh Reznikov mengizinkan Kyiv untuk menggunakan senjata tersebut sebagai "pertahanan diri".

"Kami punya lima prinsip utama yang akan kami patuhi, dan telah kami komunikasikan dengan jelas kepada semua partner kami termasuk AS," kata Reznikov.