Logo Bloomberg Technoz

Berumur 2 Hari, Produsen EV China Cabut Janji Anti Perang Harga

News
08 July 2023 20:30

BYD (Sumber: Bloomberg)
BYD (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Badan industri pembuat mobil China mencabut janji yang dibuat dua hari lalu untuk tidak menggunakan "praktik penetapan harga yang tidak normal," yang sebelumnya dilihat sebagai upaya untuk mengakhiri perang harga di pasar kendaraan listrik negara itu.

Asosiasi Produsen Otomotif China menghapus salah satu dari empat komitmen yang ditandatangani pada Kamis oleh 16 perusahaan pada acara yang diselenggarakannya, yang berjanji untuk menahan diri dari praktik-praktik yang mengganggu persaingan pasar yang adil, katanya dalam pernyataan yang diposting di situsnya pada Sabtu.

Referensi "harga" dalam janji itu tidak tepat dan melanggar prinsip yang diabadikan dalam undang-undang anti-monopoli negara, kata asosiasi itu. Pencabutan itu terjadi setelah klausul tersebut menarik “perhatian luas,” menurut pernyataan itu.

Asosiasi mendesak 16 perusahaan dan anggota lainnya untuk secara ketat mengikuti undang-undang anti-monopoli dan aturan lain yang mendorong penentuan harga independen dan persaingan yang adil.