Logo Bloomberg Technoz

Cerita Foto Sri Mulyani di Uang Rp1, Hoaks?

Hidayat Setiaji
08 July 2023 18:20

Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)
Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Berita mengenai foto Sri Mulyani ada di gambar uang Rp1 serta kabar hoaks redenominasi Bank Indonesia menjadi salah satu berita yang ramai dibaca dalam pekan ini. Untuk itu kami menyampaikan kembali berita tersebut pada akhir pekan ini, Sabtu (8/7/2023).

Sejumlah pesan berantai menyebar dalam Grup WhatsApp yang menyatakan Bank Indonesia (BI) resmi menerbitkan uang baru. Uang baru tersebut merupakan hasil redenominasi yang memangkas atau menyederhanakan Rupiah dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.

"Bank Indonesia Resmi menerbitkan Uang Baru dengan Meredominasi atau menyederhanakan 3 angka belakang dimana untuk uang Rp. 1.000 hanya dicetak ditulis dengan angka Rp 1 saja," bunyi pesan berantai di beberapa Grup WhatsApp seperti dilihat Bloomberg Technoz, Rabu (5/7/2023).

Menariknya juga, dalam potongan video yang disebar tersebut nampak wajah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di pecahan Rp 1. 

Redominasi Rupiah (Tangkapan layar Whatsapp)

Namun amat disayangkan, kabar yang viral tersebut dipastikan hoaks atau tidak benar.  "Untuk mendapatkan gizi yang sempurna diperlukan ketelitian saat memilih makanan. Sama halnya dengan menerima informasi, karena kabar yang kita konsumsi haruslah terkonfirmasi. Salah satunya seperti hoax desain Rupiah yang dikabarkan hasil redenominasi. Uang tersebut bukan merupakan uang yang berlaku untuk saat ini yah Sobat," tulis BI dalam akun sosial medianya dikutip Rabu 5 Juli 2023.