Logo Bloomberg Technoz

Pangandaran Diterjang Banjir dan Longsor, Ribuan Orang Terdampak

Donald Banjarnahor
08 July 2023 14:40

Dok. BNPB
Dok. BNPB

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah titik pada wilayah dusun di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, masih tergenang pada Jumat malam (7/7).  Sebelumnya beberapa dusun yang tersebar di empat kecamatan terdampak banjir. 

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyatakan kondisi terkini menyebutkan Dusun Karangnangka dan Sukasari, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, masih tergenang. Genangan juga ditemui di Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran. Genangan banjir termonitor pada ketinggian 30 cm. Sebanyak 253 KK atau 759 jiwa memilih bertahan di rumah. 

"Selain itu, Pusat Pengendalian Operasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran juga melaporkan infrastruktur jalan alternatif dari Karangkamiri menuju Langkaplancar terganggu. Kondisi jalan amblas dan tinggi muka air mencapai 50 cm  menyebabkan kendaran roda dua dan empat tidak dapat mengaksesnya," ujarnya.

Muhari mengatakan BPBD setempat menyampaikan bencana hidrometeorologi basah di wilayahnya terjadi setelah hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang, terjadi sejak Kamis (6/7). Dua hari hujan deras tersebut memicu terjadinya banjir dan longsor. 

Dok. BNPB

Longsor yang mengakibatkan kerusakan bangunan terjadi di Desa Karangjaladri, Cibenda dan Bojong, Kecamatan Parigi, serta Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang.