Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah China awal tahun ini melarang masuknya produk dari produsen cip AS, Micron Technology Inc. dari beberapa sektor kritisnya karena masalah keamanan. Otoritas China juga menggerebek perusahaan konsultan dari AS Bain & Company dan firma due diligence Mintz Group.

Yellen dalam kunjungan itu juga akan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang pada Jumat, dan diperkirakan akan mengadakan diskusi dengan para pembuat kebijakan ekonomi utama China sebelum kembali pada Minggu.

Yellen sebelumnya mengadakan pembicaraan informal dengan mantan Wakil Perdana Menteri Liu He dan Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang yang menurut kementerian keuangan AS adalah pertemuan yang substantif.

Yellen dan Liu diketahui memiliki hubungan baik. Meskipun pensiun awal tahun ini, Liu masih menjadi sosok tepercaya bagi Presiden Xi Jinping dalam berurusan dengan AS dan masalah ekonomi, demikian dilaporkan South China Morning Post bulan lalu, mengutip para sumber yang tidak disebutkan namanya.

Saling balas

Pernyataan Yellen itu dikemukakan hanya beberapa hari setelah China memberlakukan pembatasan ekspor dua mineral kritis itu, yaitu galium dan germanium dan olahannya. Hal ini menjadi eskalasi terbaru dalam perang dagang kedua negara di mana AS telah memberlakukan kontrol ekspor peralatan semikonduktor dan pembuat cip.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada Jumat bahwa telah mengajukan Undang-Undang Produksi Pertahanan yang ditujukan meningkatkan penambangan domestik dan pemrosesan galium dan germanium, demikian dilaporkan Reuters, mengutip juru bicara Pentagon.

Pemerintahan Biden juga sedang mempersiapkan kebijakan yang membatasi investasi keluar AS di China, yang mungkin akan dirilis paling cepat akhir Juli dan yang akan mencakup investasi tertentu dalam teknologi sensitif termasuk semikonduktor, kecerdasan buatan, dan komputasi kuantum.

(bbn)

No more pages