Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM: Izin Ekspor Konsentrat PTFI & Amman Terbit Hari Ini

Sultan Ibnu Affan
07 July 2023 14:38

Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan izin ekspor konsentrat tembaga bagi PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) kemungkinan besar bakal diterbitkan pada hari ini, Jumat (7/7/2023).

Arifin menggarisbawahi bahwa pemberian izin tersebut sedang diharmonisasikan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Sudah [rampung], lagi harmonisasi mungkin kita harapkan hari ini ada kepastian. [...] Pengennya hari ini," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (7/7/2023) siang. "Harus ada harmonisasi di Kemenkumham, kan rekomendasi kan enggak makan waktu lama," imbuhnya.

Arifin menyebut, jika proses harmonisasi itu telah rampung, maka sekaligus akan ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Dia tidak mendetailkan PMK yang dimaksud, meski kemungkinan berkaitan dengan aturan pajak ekspor atau bea keluar produk pertambangan. 

Sebelumnya, Freeport Indonesia telah mengeluhkan soal kepastian izin ekspor mineral tersebut, yang mengakibatkan operasionalnya terganggu. Sebab itu, PTFI mendesak pemerintah untuk segera menerbitkan izin ekspor konsentrat tembaga.