Logo Bloomberg Technoz

SeaBank Ungguli Jago, Ini Peta Kompetisi 3 Bank Digital RI

Muhammad Julian Fadli
07 July 2023 14:35

SeaBank Indonesia (Tangkapan layar via shopee.co.id)
SeaBank Indonesia (Tangkapan layar via shopee.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank-bank digital paling popular di Tanah Air baru saja merilis kinerja keuangan untuk periode 5 bulan tahun 2023. Hasilnya memang ada perbaikan dari sisi perolehan laba bersih. Namun ada beberapa catatan yang menarik untuk dicermati. 

Di antara Bank Jago (ARTO), Bank Neo Commerce (BBYB) dan SeaBank, pertumbuhan laba bersih tertinggi berhasil ditorehkan oleh Sea Bank. Laba bersih SeaBank naik nyaris 6x lipat dibandingkan periode yang sama pada  tahun sebelumnya.

Sementara itu, meski BBYB masih mencatatkan rugi bersih tetapi kerugiannya susut hingga 66%. Sedangkan pada kasus ARTO, pertumbuhan labanya cenderung minimal hanya 9,1% saja. 

Dari ketiga bank tersebut, BBYB mencatatkan pertumbuhan yang paling agresif. Hal ini tampak dari penyaluran kredit yang tumbuh 79% secara tahunan menjadi Rp10,8 triliun. Pertumbuhan kredit BBYB pun mengungguli ARTO yang tumbuh 57,8%. Sementara SeaBank tumbuh paling moderat dengan laju 14,8%.

Menariknya di antara ketiga bank digital tersebut, hanya ARTO yang menyalurkan pembiayaan syariah. Sayangnya penyaluran pembiayaan syariah ARTO justru turun signifikan hingga hampir 27%. Jika per akhir Mei 2022 nilai pembiayaan syariah yang tersalur mencapai Rp2,3 triliun pada akhir Mei 2023 nilainya hanya Rp1,7 triliun saja.