Logo Bloomberg Technoz

Brigadir Jenderal Pat Ryder, juru bicara Departemen Pertahanan AS atau Pentagon, mengatakan kepada wartawan bahwa AS akan mengirim DPICM yang terkini ke Ukraina dengan failure rate yang rendah, yaitu serendah 2,35% berdasarkan pengujian baru-baru ini.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar tentang keputusan itu.

Ditanya sebelumnya tentang kemungkinan keputusan itu, juru bicara Gedung Putih Andrew Bates mengatakan bahwa gagasan itu tengah dipertimbangkan.

Posisi defensif

Biden akan mengirimkan munisi ke Ukraina yang dimungkinkan dengan Otoritas Penarikan Presiden (Presidential Drawdown Authority) untuk mentransfer stok senjata AS yang ada.

Para pejabat AS telah memberi sinyal selama berminggu-minggu bahwa keputusan itu akan datang. Laura Cooper, wakil asisten menteri pertahanan AS, mengatakan di hadapan Kongres bulan lalu bahwa bom itu akan berguna melawan Rusia yang saat ini dalam posisi defensif.

Bom curah dijatuhkan ke tanah dari udara, seperti dari pesawat terbang atau dari artileri darat, rudal atau peluncur roket. Bom cluster atau disebut juga sebagai bom curah dan bom tandan itu saat terbang menyebarkan bom-bom yang dapat menyerang banyak sasaran.

--Dengan asistensi Roxana Tiron dan Tony Capaccio.

(bbn)

No more pages