Logo Bloomberg Technoz

Papua Nugini Ingin Belajar Hilirisasi dari Indonesia

Elisa Valenta
06 July 2023 18:31

Presiden Jokowi saat tiba di Port Moresby, Papua Nugini (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat tiba di Port Moresby, Papua Nugini (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyebut negara Papua Nugini (PNG) tertarik untuk mengadopsi kebijikan hilirisasi mineral yang tengah dijalankan oleh Indonesia. Ia mengatakan Indonesia terbuka untuk berbagi pengalaman terkait langkah dan strategi kebijakan yang tengah ditempuh untuk mengembangkan hilirisasi.

"Berkaitan dengan mineral, sama Indonesia dengan PNG itu mineralnya melimpah, tapi PNG ingin karena melihat hasil stok nikel di Indonesia memberikan nilai tambah yang sangat besar sampai 30 kali sehingga PNG ingin melihat step-step-nya seperti apa dan Indonesia terbuka untuk itu," ujar Jokowi usai meninjau ladang jagung Food Estate Zona 9 di Kabupaten Keroom, Provinsi Papua, pada Kamis (6/7).

Lebih lanjut, Jokowi mempersilakan pihak Papua Nugini untuk melihat hilirisasi industri yang ada di Indonesia, baik di Morowali dan Weda Bay untuk komoditas nikel, di Gresik untuk tembaga, hingga di Bintan untuk bauksit. 

"Semuanya ada dan akan kita buka. Kalau mau kerja sama boleh dengan BUMN bisa, dengan private sector, sektor swasta juga bisa, tidak kerja sama pun tidak apa-apa, tetapi kita terbuka," imbuhnya.

Menurutnya kerja sama tersebut penting untuk kemajuan bersama, utamanya bagi negara-negara selatan. "Ini untuk kemajuan bersama, terutama untuk global south. Selatan-Selatan ini penting sekali kita galang bersama-sama," jelasnya.