Logo Bloomberg Technoz

Mereka mengatakan bahwa anak-anak dan remaja menghadapi gangguan mental yang parah, dan meningkatkan risiko bunuh diri akibat persaingan yang ketat untuk menjadi lebih beprestasi di sekolah. Menurut survei nasional tahun 2022, setengah dari orang yang menderita depresi di China adalah pelajar.

Para peneliti meminta pemerintah memprioritaskan pengembangan program yang menargetkan anak-anak dan remaja, untuk mengadopsi praktik terbaik dari luar negeri yang memungkinkan identifikasi awal perilaku bunuh diri.

Anak-anak muda di China telah lama menghadapi persaingan di sekolah dan saling berlomba untuk mendapatkan pekerjaan yang baik setelah lulus. Tiga tahun pandemi Covid-19, di mana China menerapkan lockdown yang juga diberlakukan di kampus-kampus, dan rekor angka pengangguran kaum muda juga semakin menambah tekanan bagi mereka.

Awal tahun ini, insiden bunuh diri seorang siswa sekolah asrama mendapat perhatian luas di China. Hal tersebut karena anak laki-laki berusia 15 tahun itu sebelumnya telah menyampaikan kekhawatiran soal nilainya, dan bagaimana polisi menangani penyelidikan mereka.

Juga, banyak warga China menyampaikan belasungkawa di media sosial pada Kamis (6/7/2023) atas kematian penyanyi dan penulis lagu kelahiran Hong Kong, Coco Lee. Menurut keterangan saudaranya di Facebook, perempuan berusia 48 tahun tersebut mengalami depresi selama beberapa tahun.

Satu orang menulis di Weibo bahwa "kepergian Coco juga merupakan peringatan bagi kita untuk menjaga kesehatan mental dengan serius."

Pada tahun 2021, Beijing meluncurkan perombakan besar-besaran pada sektor teknologi pendidikan. Pemerintah melarang perusahaan yang mengajarkan kurikulum sekolah untuk menghasilan keuntungan. Banyak orang tua yang mengeluh bahwa tekanan untuk melibatkan tutor privat menyebabkan kecemasan berlebih di rumah.

Para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga memperingatkan bahwa kepercayaan yang tersebar luas di antara orang tua dan guru bahwa nilai bagus dapat mengalahkan hal lain, berisiko mengaburkan masalah kesehatan mental yang mengganggu anak-anak.

(bbn)

No more pages