Logo Bloomberg Technoz

Google Dikabarkan Dapat Bocoran Informasi Pajak Rahasia dari PwC

News
06 July 2023 15:06

Kantor pusat Google di Mountain View, California, AS. (Marlena Sloss/Bloomberg)
Kantor pusat Google di Mountain View, California, AS. (Marlena Sloss/Bloomberg)

Nabila Ahmed - Bloomberg News

Bloomberg - Induk Google, Alphabet Inc. dikabarkan telah mendapatkan informasi rahasia tentang kebijakan pajak dari PwC Australia. PwC memberi tahu Google tentang tanggal dimulainya undang-undang tersebut.

PwC merupakan penasihat pemerintah Australia tentang peraturan pajak untuk perusahaan multinasional. PwC Australia telah merombak kepemimpinannya dan menjual unit layanan terkait pemerintah hanya dengan A$1 (67 sen) setelah pengungkapan bahwa mereka menggunakan informasi rahasia dari pemerintah untuk kepentingan bisnis. Perusahaan sedang diselidiki oleh anggota parlemen dan polisi federal Australia atas pelanggaran tersebut.

“Meskipun mengecewakan mengetahui bahwa PwC telah membagikan informasi secara tidak tepat, itu tidak ada hubungannya dengan kepatuhan kami terhadap Undang-Undang Anti-Penghindaran Multinasional,” menurut juru bicara Google. “Perubahan yang kami lakukan pada struktur pajak kami di Australia dilakukan setelah undang-undang baru disahkan dan setelah terlibat langsung dengan Kantor Pajak Australia.”

Seorang juru bicara PwC Australia mengatakan pada hari Kamis bahwa "klien PwC tidak terlibat dalam kesalahan apa pun dan tidak ada informasi rahasia yang digunakan untuk memungkinkan klien membayar pajak lebih sedikit."