Logo Bloomberg Technoz

PT Duta Sejahtera dan PT Agung Bara Prima (ABP) masing-masing memiliki konsesi di Kabupaten Kapuas dan Barito. IUP keduanya habis masing-masing pada 2028 dan 2029. Nilai aset Duta Sejahtera dan Agung Bara Prima masing-masing Rp1,28 miliar dan Rp3,16 miliar.

IUP PT Piranti Jaya Utama baru akan habis pada 2032. Perusahaan ini memiliki konsesi batu bara juga di Kabupaten Kapuas dan aset senilai Rp2,15 miliar.

Bisnis Tambang Logam

Iwan tak menampik, batu bara saat ini masih dibutuhkan. Bukan hanya untuk memenuhi permintaan, terutama di negara berkembang, tapi juga sebagai mesin uang perusahaan.

Sehingga, UNTR tidak akan melakukan divestasi bisnis batu bara. UNTR juga tidak berencana menghentikan bisnis batu bara secara mendadak dalam waktu dekat.

Kontribusi pendapatan dari bisnis batu bara baru akan dikurangi menjadi 50% pada 2030 dan 0% di 2050. Sampai saat ini, kontribusi bisnis batu bara masih menyumbang sekitar 70% pendapatan UNTR.

Untuk mengimbangi rencana eliminasi bisnis batu bara, UNTR masuk ke bisnis tambang logam seperti emas, nikel, bauksit dan aluminium.

(yun/dhf)

No more pages