Logo Bloomberg Technoz

"Spekulasi kemungkinan telah memberikan beberapa dorongan untuk harga, tetapi pada dasarnya ukuran risiko pasokan kita mencetak tingkat tertinggi tahun ini," kata Ghali.

“Keputusan Arab Saudi untuk memperpanjang pemotongan produksi dan keputusan Rusia untuk membatasi ekspor, bukan produksi, adalah faktor fundamental yang berkontribusi pada kenaikan baru-baru ini.”

Menteri energi UEA, negara lainnya di OPEC, tidak akan ikut memotong produksi minyak mereka.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan pemotongan minyak terkini dari Rusia adalah langkah berarti karena akan mempengaruhi ekspor.

Harga minyak mentah telah merosot tahun ini di tengah pemulihan ekonomi China yang tertatih-tatih dan setelah bank sentral di AS dan Eropa menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi dan membahayakan permintaan energi.

Ada juga sumber kekuatan fundamental bagi harga minyak dunia beberapa hari terakhir. Minyak mentah CPC Kazakhstan menghadapi gangguan akibat pemadaman listrik di negara tersebut. Secara terpisah, salah satu kilang di Jerman membatasi pasokan solar, yang menjadi sinyal keterbatasan pasokan di wilayah Eropa. 

Harga:

  • WTI untuk pengiriman Agustus naik US$2,00 menjadi US$71,79 per barel di New York.
  • Brent untuk bulan September naik 40 sen menjadi US$76,65 per barel.

(bbn)

No more pages