Logo Bloomberg Technoz

Hungaria Investasi Rp4,4 T di Teknologi Tol Nirsentuh Indonesia

Krizia Putri Kinanti
05 July 2023 21:10

Pantauan Ruas Tol Jabotabek dan Jawa Barat
Pantauan Ruas Tol Jabotabek dan Jawa Barat

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menganggarkan dana sebesar US$300 juta atau setara Rp4,4 triliun untuk mengembangkan proyek tol berteknologi nirsentuh (touchless) atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Indonesia.

Untuk diketahui, Roatex Indonesia Toll System adalah perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR untuk menjalankan uji coba bayar tol tanpa henti ini. RITS adalah anak usaha dari Roatex Ltd Zrt yang berasal dari Hungaria.

Direktur Utama PT RITS, Attila Keszeg, mengatakan total investasi tersebut murni dari pemerintah Hungaria. Dia memastikan, hingga proyek MLFF selesai, Indonesia tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun dalam proyek ini. 

“Kami mendaftar untuk tender dan sebagai pemenang tender, kami tidak mengambil satu rupiah pun sampai proyek ini nanti diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Nantinya Indonesia yang akan mengumpulkan uangnya dan kami akan mendapat penggantian,“ ujar Direktur Utama PT RITS, Attila Keszeg pada temu media, Rabu (5/7/2023).

Ia menambahkan dari total biaya yang dianggarkan untuk proyek, sekitar 30% sudah disalurkan untuk mengembangkan teknologi.