Logo Bloomberg Technoz

Cawapres Ganjar Bisa Diumumkan Menjelang Daftar ke KPU

Sultan Ibnu Affan
05 July 2023 20:45

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani saat menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno di GBK, Juni 2023 (Dok. PDIP)
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani saat menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno di GBK, Juni 2023 (Dok. PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan pengumuman bakal cawapres pendamping bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bisa dilakukan sewaktu-waktu. Namun tak menutup kemungkinan bahkan September dan Oktober mendekati tahapan pendaftaran capres ke KPU.

“Saya katakan bulan Juli, Agustus ini bulan penggemblengan, bulan penggodokan. Kemudian ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri nanti yang akan mengumumkan, tentu saja setelah berkoordinasi dengan dialog dengan ketua umum partai yang lain dan Presiden Jokowi. Itu bisa bulan September bisa juga bulan Oktober sebelum pendaftaran,” kata Hasto kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) di Kota Padang, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi PDIP, Rabu (5/7/2023).

Ia melanjutkan bahwa pengumuman itu sangat tergantung momentum yang tepat. PDIP kata dia kepemimpinan Ganjar dengan wakilnya. Kemudian visi misi yang akan diangkat dan bagaimana pasangan itu nantinya menjawab berbagai persoalan yang dihadapi rakyat dan negara saat ini. 

“Bagaimana melakukan desain bagi masa depan, juga berbagai aspek. Juga aspek spiritualnya itu semua harus dikalkulasi, kesiapan rakyat dan juga peta kontestasi. Sehingga saya katakan bulan Juli Agustus bulan penggemblengan, sehingga apakah bulan September atau Oktober nanti tergantung,” ujar Hasto.

Sementara soal nama-nama cawapres diakui Hasto sudah dikantongi oleh Megawati. Setidaknya ada 10 nama calon. Dia juga sempat merespons soal pertemuan Sandiaga dan Ganjar Pranowo usai menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.