Logo Bloomberg Technoz

Besok Jokowi Resmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua

Ezra Sihite
05 July 2023 19:50

Bandara Ewer. (Dok. Kemenhub)
Bandara Ewer. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara Ewer di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan pada Kamis (6/7/2023). Oleh karena itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjuan final ke Bandara Ewer bersama dengan Bupati Asmat Elisa Kambu pada Rabu (5/7/2023).
 
Menhub mengecek dan memastikan fasilitas bandara baik di sisi darat maupun udara, mulai dari runway, apron, terminal penumpang, hingga gedung operasional dan layanan bandara.

"Bandara ini pertama kali dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Asmat dan kemudian pemerintah pusat mengembangkan. Sekarang paling tidak ada lima hingga tujuh pesawat yang take off dan landing di Bandara Ewer. Kita harapkan bandara ini bisa membantu masyarakat Asmat dalam bermobilitas untuk berbagai kepentingan," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.
 
Lebih lanjut Budi menyampaikan, pemerintah akan terus membangun dan mengembangkan infrastruktur transportasi di wilayah Papua untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah.

Menhub, Budi Karya Sumadi tinjau Bandara Ewer. (Dok. Kemenhub)

Melalui pembangunan tersebut akan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah, serta meretas keterisolasian wilayah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP) di wilayah Timur Indonesia.
 
Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, bandara ini akan mempermudah aksesibilitas masyarakat Asmat.
 
"Atas nama masyarakat Asmat dan pemerintah Kabupaten Asmat, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Presiden yang telah menugaskan Menhub untuk membantu menyediakan fasilitas di Asmat. Salah satu yang paling besar adalah menyelesaikan Bandara Ewer," ungkap Elisa Kambu.
 
Ia mengungkapkan, dengan kehadiran Bandara Ewer yang mampu didarati pesawat ATR 72-600, masyarakat Asmat bisa dengan mudah datang dan pergi menggunakan pesawat udara.
 
“Kehadiran bandara ini sangat membantu, tidak sulit seperti beberapa tahun lalu. Sebelum adanya bandara, kami sulit akses masuk apalagi jika ada orang yang meninggal. Terima kasih kami juga telah mendapatkan subsidi tarif. Satu minggu ada lima kali perjalanan mulai dari Merauke, Kamur dan Ewer,” tuturnya dikutip dari keterangan resmi Kemenhub.
 
Pada tahun  2014-2018 pengembangan Bandara Ewer mulai dilakukan dengan perpanjangan runway oleh pemda Asmat menjadi 1.650 m. Kemudian juga dilakukan rekonstruksi runway tikar baja, konstruksi apron, dan pembangunan gedung terminal.
 
Selanjutnya pada tahun 2019  bandara terus dikembangkan sehingga akses lebih mudah dan fasilitas lebih lengkap. Pada 2023, dilakukan beautifikasi gedung terminal dengan arsitektur minimalis bernuansa budaya Asmat. Tak hanya ornamennya yang bernuansa Asmat tetapi secara fungsi menyesuaikan dengan budaya masyarakat serta kondisi cuaca dan karakteristik lingkungan Asmat. 

Hingga saat ini pengembangan Bandara Ewer masih terus dilakukan di antaranya pembangunan drainase dan tanggul penahan banjir.
 
Bandara Ewer memiliki panjang runway 1650 m x 30 m yang dapat dilalui pesawat ATR 72-600 untuk penumpang maupun kargo, apron seluas 70 m x 90 m dan taxiway 86 m x 15 m dan memiliki terminal bandara seluas 488 m² atau lebih luas dari terminal lama seluas 120 m².
 
Saat ini bandara itu sudah melayani tiga rute penerbangan di antaranya Kamur-Ewer PP, Timika-Ewer PP dan Merauke-Ewer PP yang dilayani 3 (tiga) maskapai yaitu Wings Air, Trigana Air dan Smart Aviation. Tercatat, tren penumpang juga terus meningkat dari 12.185 penumpang pada 2020 naik menjadi 21.603 penumpang pada 2021 dan 27.772 penumpang pada 2022.