Logo Bloomberg Technoz

"Termasuk liburan sekolah karena bersamaan overlapping secara agregat di Idul Adha saja secara angka-angka yang boleh dibilang angka yang ditampilkan baru saja dipresentasikan tadi pagi. Angka Rp5-10 triliun baru sartu long weekend," kata elite PPP tersebut.

Diketahui pemerintah memberikan libur cuti bersama hingga tiga hari dilanjutkan libur akhir pekan pada masa Idul Adha. Hal tersebut dituangkan dalam SKB menteri hingga kemudian dalam keputusan presiden (keppres).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Keppres Nomor 16 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2023.

Dengan adanya perubahan ini maka Keppres Nomor 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai ASN berubah yakni ada penambahan 2 hari pada Cuti Hari Raya Idul Adha pada tanggal 28 dan 30 Juni 2023. Selain untuk alasan keselamatan dan keamanan mobilitas selama lebaran haji, libur panjang ini juga diberikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Keppres tersebut diterbitkan dalam rangka meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kelancaran mobilitas selama perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Selain itu juga memberikan kesempatan kebersamaan orangtua dengan anak pada saat libur sekolah dan meningkatkan pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi," tulis keppres tersebut dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet, Kamis (22/6/2023).

(ezr)

No more pages