Logo Bloomberg Technoz

Nilai Perputaran Ekonomi Wisata Libur Idul Adha hingga Rp10 T

Ezra Sihite
05 July 2023 18:40

Pengunjung berlibur di kawasan pantai Ancol, Jakarta, Jumat (30/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pengunjung berlibur di kawasan pantai Ancol, Jakarta, Jumat (30/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, nilai perputaran ekonomi wisata domestik yang terjadi selama libur Idul Adha dan cuti bersama pekan kemarin di kisaran Rp5 triliun hingga Rp10 triliun. Namun jika dihitung dengan masa libur sekolah yang masuk tiga pekan maka angkanya bisa tiga kali lipat tetapi hal itu masih perlu dihitung lebih lanjut.

"Kalau kita kalikan dari total antisipasi pergerakan wisatawan nusantara selama pergerakan libur panjang Idul Adha kemarin kalau kita lihat dari kereta api tiketnya 1,1 juta (orang) dari penerbangan 1,25 juta (orang)," kata Sandiaga sebagaimana dikutip dari kanal Kemenparekraf pada Rabu (5/7/2023).

"Total pergerakan ini kalau ambil angka tengah karena jalur darat ini luar biasa ya. Luar biasa ada hampir 400 ribu kendaraan kalaun kita bulatkan angkanya misalnya 10 juta (orang) yang bergerak dengan raihan sekitar Rp1 juta maka kita bisa melihat antara Rp5-10 triliun," imbuh Sandiaga.

Sandiaga S. Uno (Dimas Ardian/Bloomberg)

Dia mengatakan, adanya libur cuti bersama yang menyebabkan libur long weekend memang sangat berpengaruh pada pariwisata dalam negeri. Apalagi hal tersebut juga akan membuka peluang usaha yang berdampak pada terbukanya lapangan kerja.

Termasuk kata dia, adanya berbagai event dan hajatan baik olahraga maupun pameran dan berbagai acara publik juga turut mendongkrak ekonomi pariwisata lebih baik.