Logo Bloomberg Technoz

Di dalam negeri, DPT Pemilu 2024 berjumlah 203.055.748 orang yang tersebar di 823.220 tempat pemungutan suara (TPS) pada 38 provinsi. Di luar negeri, DPT Pemilu 2024 berjumlah 1.750.474 orang. Jumlah ini mencakup pemilih di 128 wilayah luar negeri pada 3.059 TPS atau kotak suara keliling.
 
"Mumpung masih ada waktu, saya kira semua stakeholder terkait seperti KPU dan juga Kemendagri perlu duduk bersama, koordinasi dan mencari solusi untuk 4 juta DPT itu," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Menurut dia, DPR akan mendorong KPU bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catat Sipil (Dukcapil) berbagai daerah untuk dapat melakukan sinkronisasi DPT dengan data penduduk. Koordinasi KPU dan Kemendagri juga penting untuk melakukan pemuktahiran data pemilih yang bisa bertambah atau berkurang.

Muhaimin mengklaim, DPR senada dengan pemerintah yang berharap angka partisipasi Pemilu akan terus meningkat. Upaya memberi kepastian hak memilih pada 4 jutaan DPT menjadi sangat penting untuk mendongkrak angka partisipasi yang pada dua pemilu terakhir hanya 75-81%. 

"Karena, semakin banyak partisipasi masyarakat, tentu saja semakin bagus kualitas Pemilu," kata dia.

(frg/ezr)

No more pages