Logo Bloomberg Technoz

DJKA Garap 11 Prasarana Kereta Senilai Rp2,7 T pada 2024

Sultan Ibnu Affan
05 July 2023 14:10

Rangkaian kereta api milik PT Kereta Api Indonesia Persero. (Dok kai.id)
Rangkaian kereta api milik PT Kereta Api Indonesia Persero. (Dok kai.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan program prioritas pembangunan prasarana kereta api (KA) untuk 2024 dengan total anggaran mencapai Rp2,77 triliun.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengelaborasi pembangunan prasarana perkeretaapian tersebut juga mencakup wilayah di luar Pulau Jawa.

"Ini merupakan highlight prioritas kami pada 2024," kata Risal dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (5/7/2023).

Risal menyebut, kesebelas pembangunan prasarana KA itu mencakup lintas Mandai—Palando, jalur lintas Solo Balapan—Kalioso, Medan—Binjai, Jalur Ganda Kiaracondong dan Cicalengka, Jalur Ganda Mojokerto sepanjang underpass dalam BH 421 Jatibarang, Padalarang—Bandung, Gardu Traksi Delanggu, Fasilitas Perawatan dan Pengajuain KA, Rel dan Wesel R.54, serta AP Makassar—Pare-pare.

Selain pembangunan, DJKA bakal melakukan peningkatan kapasitas prasarana KA. Mayoritas peningkatan tersebut berada di KA jenis commuter line atau kereta rel listrik (KRL) yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa Tengah.