Logo Bloomberg Technoz

"Video kerusuhan yang beredar di seluruh dunia merusak citra Prancis," kata kepala Medef Geoffroy Roux de Bezieux kepada surat kabar Le Parisien. "Tak mudah untuk mengatakan apakah dampaknya akan bertahan lama, tetapi pasti akan ada penurunan kunjungan musim panas ini, meskipun ini periode yang menjanjikan. Banyak yang sudah membatalkan."

Menurut badan statistik Insee, sektor pariwisata menyumbang 4% pada perekonomian Prancis.

Menurut Florence Lustman, ketua France Assureurs, perusahaan asuransi Prancis sejauh ini telah menerima sekitar 5.900 klaim dengan total senilai 280 juta Euro akibat kerusuhan tersebut. Hampir sebanding dengan 10.000 klaim dengan total biaya 205 juta Euro saat kerusuhan besar yang terjadi di Prancis pada 2005.

Peristiwa penembakannya sendiri menjadi bukti semakin tingginya ketegangan rasisme dan ketimpangan sosial di Prancis; terutama pada lingkungan campuran etnis. Oposisi pemerintah pun memanfaatkan krisis ini untuk membuktikan kegagalan Macron dalam menjamin keamanan publik dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Macron bertemu dengan lebih dari 200 walikota pada Selasa (4/7/2023) untuk membahas dampak dan penyebab dari kerusuhan. Pengerahan polisi besar-besaran telah mengurangi kerusuhan secara signifikan.

Jumlah penangkapan dari kerusuhan terus menurun. Hingga kini hanya tersisa sebanyak 72 orang. Angka ini jauh berkurang dibandingkan 1,300 orang yang ditangkap pada Jumat (30/6/2023) selepas puncak kerusuhan. 

Menurut data pemerintah, jumlah kendaraan yang terbakar atau bangunan yang dirusak menurun setiap malam sejak puncaknya pada Kamis (29/6/2023). Semua mengatakan hampir 3.500 orang telah ditangkap sejak kerusuhan dimulai sepekan lalu.

Le Maire bertemu dengan pemilik toko di kota Arpajon di selatan Paris untuk membahas dampak krisis. Berbicara kepada wartawan, ia mengatakan perusahaan asuransi Prancis telah setuju untuk memperpanjang penundaan bagi pemilik toko untuk mengajukan klaim kerusakan akibat kerusuhan menjadi 30 hari dari sebelumnya lima hari. 

Perusahaan asuransi juga akan mempertimbangkan untuk mengurangi deductible pada klaim untuk bisnis independen yang mengalami kerugian paling parah karena bentrokan, dan berjanji akan membayar kompensasi secepat mungkin. Pemerintah juga dapat menghapus biaya sosial dan fiskal untuk pemilik toko yang paling terkena dampak.

"Jika toko Anda terbakar habis dan pekerjaan untuk membiayai kehidupan berubah jadi abu, negara harus berada di sisi Anda," katanya. "Kami akan melakukan semua yang diperlukan agar aktivitas ekonomi dapat dengan tenang meningkat lagi di Prancis secepat mungkin."

Sebuah survei terhadap 1.005 orang dewasa melalui jajak pendapat Ifop pada Kamis dan Jumat pekan lalu, menunjukkan tingkat kepuasan pada kinerja Macron telah meningkat 2 poin menjadi 33%, tertinggi sejak Maret. Namun, jajak pendapat terpisah dari 1.000 orang oleh Elabe untuk BFM TV menunjukkan bahwa posisi politik pemimpin sayap kanan Marine Le Pen paling diuntungkan dari kerusuhan tersebut.

Nahel, yang nama belakangnya dirahasiakan oleh pihak berwenang dimakamkan pada Sabtu di Nanterre, kampung halamannya. Ia ditembak hingga meninggal dunia dari jarak dekat di kota tersebut. Petugas polisi yang menembaknya telah didakwa dengan pembunuhan dan dalam penahanan pra-sidang.

--Dengan asistensi dari dari William Horobin, Ania Nussbaum dan Alexandre Rajbhandari.

(bbn)

No more pages