Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Red Komodo, Kereta Penumpang KCJB yang Baru Dites Juli

Wike Dita Herlinda
05 July 2023 12:10

Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai menguji coba operasional rangkaian kereta penumpang KA Cepat relasi Jakarta—Bandung, setelah pada akhir Juni berhasil mengetes laju kereta inspeksi dengan kecepatan 350 km/jam.

Trainset penumpang Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB) sebenarnya memiliki tipe yang sama dengan kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT), yaitu KCIC400AF. Hanya saja, keduanya memiliki fungsi, interior, dan eksterior yang berbeda. 

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, CIT –yang diujicobakan dengan kecepatan operasional maksimum pada 22 Juni 2023– dipenuhi dengan ruang rapat dan peralatan pengukuran.

Sebaliknya, kereta penumpang –yang baru diujicobakan 4 Juli 2023– difungsikan untuk melayani penumpang dengan kapasitas tempat duduk yang menampung 601 penumpang. 

Agar tidak rancu, perbedaan kedua jenis rangkaian KCJB ini juga terlihat pada eksteriornya. Kereta inspeksi berwarna abu-abu dan kuning, sementara kereta penumpang berwarna abu-abu dan merah.

Kereta Inspeksi atau CIT Kereta Cepat Jakarta-Bandung di stasiun Padalarang, Jawa Barat. (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)