Logo Bloomberg Technoz

Airbus Ingatkan Slot Pesanan Jet Penuh, Desak China Segera Borong

News
05 July 2023 10:40

Pesawat penumpang Airbus A321XLR Neo terbang di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Nathan Laine/Bloomberg)
Pesawat penumpang Airbus A321XLR Neo terbang di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Nathan Laine/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Airbus SE mendesak para maskapai penerbangan China untuk segera memesan tipe-tipe pesawat besar di tengah potensi makin terbatasnya ketersediaan slot untuk unit baru.

Perusahaan  pembuat kapal terbang milik Eropa  itu mengingatkan China bahwa mereka saat ini tengah kebanjiran pesanan dari maskapai-maskapai lain di seluruh dunia, seiring dengan mulai pulihnya aktivitas perjalanan pascapandemi Covid-19.

Mereka juga menambahkan terdapat isu gangguan rantai pasok yang berisiko memperpanjang waktu tunggu atau inden pemesanan pesawat terbang.

Asia adalah setengah dari permintaan [pesawat] global untuk 20 tahun ke depan, sedangkan China adalah setengah dari permintaan Asia.

Christian Scherer, Chief Commercial Officer Airbus

“Ketersediaan slot berkembang sangat cepat, dan kami telah mencoba untuk mempercepat diskusi ini dengan pelanggan China kami,” kata Chief Executive Officer Airbus China George Xu, dalam sebuah wawancara di lini manufaktur perusahaan di Tianjin.