Logo Bloomberg Technoz

Jepang akan Buang Limbah Nuklir ke Lautan Pasifik, Amankah?

News
04 July 2023 18:00

Bencana Fukushima di Jepang pada Maret 2011 (Sumber: Bloomberg)
Bencana Fukushima di Jepang pada Maret 2011 (Sumber: Bloomberg)

Stephen Stapczynski - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan Jepang Tepco berencana membuang lebih dari 1 juta meter kubik air radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-Ichi yang rusak ke Samudera Pasifik, sebagai bagian dari upaya senilai hampir US$150 miliar untuk mencegah kecelakaan atom terburuk sejak Chernobyl. Angka tersebut cukup untuk mengisi 500 kolam renang yang digunakan saat Olimpiade.

Tangki penyimpanan di lokasi tersebut diperkirakan akan penuh pada awal tahun 2024, dan ruang untuk membangun lebih banyak tangki lagi semakin langka. Menakutkan seperti kedengarannya, pembuangan merupakan praktik umum di industri ini, dan rencana tersebut telah diputuskan untuk sejalan dengan pedoman global. Namun, hal itu tidak meredakan kemarahan penduduk setempat atau negara tetangga, China dan Korea Selatan.

1. Dari mana air itu berasal?

Gempa yang terjadi di tahun 2011, yang terkuat yang pernah tercatat di Jepang, dan tsunami yang terjadi kemudian menyebabkan kerusakan struktural pada bangunan reaktor Fukushima, sekitar 220 kilometer dari utara Tokyo.