Logo Bloomberg Technoz

Tak Lagi Mangkrak, Eni Dipastikan Gantikan Chevron di Proyek IDD

Rezha Hadyan
04 July 2023 12:10

LogoENI SpA./Bloomberg-Alessia Pierdomenico
LogoENI SpA./Bloomberg-Alessia Pierdomenico

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan Eni S.p.A. akan mengambil alih pengelolaan proyek minyak dan gas (migas) laut dalam di Kutai Basin, Kalimantan Timur atau Indonesia Deepwater Development (IDD).

Perusahaan migas asal Italia itu mengambil alih proyek IDD dari anak usaha Chevron Corp. yang tidak lain adalah PT Chevron Pacific Indonesia. Kedua belah pihak diketahui sudah menemui kata sepakat setelah melalui proses negosiasi yang alot.

"IDD sudah firm, Chevron diganti dengan Eni. Sekarang sudah dalam tahap finalisasi untuk perjanjiannya. Kita harapkan Juli 2023 ini akan tuntas untuk IDD," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji di Kantor Kementerian ESDM, Senin (3/7/2023).

Kementerian ESDM memberikan tenggat kepada kedua perusahaan tersebut untuk memberikan kepastian mengenai alih hak kelola hingga Juli 2023. Tenggat diberikan agar proyek IDD bisa dilanjutkan dan berproduksi setelah terkatung-katung selama kurang lebih 10 tahun.

Ketidakjelasan proyek IDD berawal dari hengkangnya Chevron yang mengantongi 63% hak partisipasi atau participating interest (PI) di proyek tersebut. Proyek tersebut dilepas lantaran dianggap tidak dapat bersaing dalam portofolio global Chevron.