Logo Bloomberg Technoz

Polisi Gelar Sayembara Rp1,9 M untuk Cari 8 Aktivis Hong Kong 

News
03 July 2023 21:00

Suasana Masyarakat di Hong Kong. (Dok. Bloomberg)
Suasana Masyarakat di Hong Kong. (Dok. Bloomberg)

Kari Lindberg - Bloomberg News


Bloomberg, Kepolisian Hong Kong menawarkan hadiah sebesar HK$1 juta atau setara Rp1,9 miliar bagi orang yang memberikan informasi tentang keberadaan delapan aktivis pro demokrasi. Para buron ini dinilai telah melanggar undang-undang keamanan nasional yang dirancang Pemerintah China.
 
Kepala Pengawas Kepolisian, Steve Li mengumumkan sayembara tersebut bersamaan dengan mengumumkan surat perintah penangkapan terhadap para aktivis tersebut dalam sebuah konferensi pers, Senin (3/7/2023).

Sejumlah aktivis yang menjadi target adalah mantan anggota parlemen Nathan Law, Dennis Kwok dan Ted Hui; pengacara Kevin Yam; aktivis Finn Lau, Anna Kwok, dan Elmer Yuan; serta anggota serikat pekerja Mung Siu-tat. Mereka kabarnya tengah mengasingkan diri di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia.

"Delapan orang yang bersangkutan telah melarikan diri ke luar negeri dan diduga terus melakukan pelanggaran di bawah undang-undang keamanan nasional," kata seorang juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. 

"Para buronan seharusnya tidak memiliki khayalan bahwa mereka dapat menghindari tanggung jawab hukum mereka dengan melarikan diri dari Hong Kong."