Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, Pete Calleja dan Sean Gregory telah keluar dari kemitraan karena mereka gagal melaksanakan tata kelola dan kepemimpinan yang memadai. Peter van Dongen, Wayne Plummer dan Tom Seymour, juga untuk alasan yang sama, telah diberitahu mengenai hasil penyelidikan terhadap mereka. Sementara itu, Seymour akan keluar lebih awal dari tanggal pensiunnya yang telah diumumkan sebelumnya.

Mereka merupakan tambahan dari empat mantan mitra yang sudah dikeluarkan sebelumnya - Michael Bersten, Peter Collins, Neil Fuller, dan Paul McNab - yang disebutkan terlibat pembocoran data rahasia.

Ini merupakan perkembangan terakhir masalah yang memaksa PwC membuang sejumlah aset perusahaan selepas terungkapnya seorang mantan mitra senior yang membocorkan informasi rahasia mengenai kebijakan pajak pemerintah kepada orang lain di perusahaan yang sama. Informasi tersebut lantas digunakan saat memberikan advis kepada nasabah global mereka.

Bulan lalu PwC mengabarkan Kevin Burrowes akan pindah dari Singapura ke Sydney untuk menjadi CEO PwC Australia. Pada saat yang sama perusahaan menjual unit jasa konsultasi pemerintah yang terlibat skandal tersebut seharga A$1 ke sebuah perusahaan ekuitas swasta.

Investigasi yang masih berlangsung tersebut mencakup penyelidikan polisi dan peninjauan internal oleh mantan eksekutif telekomunikasi Ziggy Switkowski. Pada Minggu kemarin, Senator partai Greens Barbara Pocock mengumumkan bahwa dia telah merujuk masalah PwC tersebut ke Komisi Antikorupsi Nasional.

Dalam hal ini siapa pun dapat merujuk suatu masalah ke komisi anti-korupsi dan badan tersebut bisa memilih secara independen apakah akan melakukan penyelidikan atau tidak.

--Dengan asistensi dari Ben Westcott.

(bbn)

No more pages