Logo Bloomberg Technoz

Dihujam Kampanye Anti-LGBTQ, Pawai Pride di Seoul Maju Jalan

News
01 July 2023 20:00

Pawai Pride di Korea Selatan./dok. Bloomberg
Pawai Pride di Korea Selatan./dok. Bloomberg

Whanwoong Choi dan Katia Dmitrieva - Bloomberg News

Bloomberg, Puluhan ribu orang berkumpul pada Sabtu (1/7/2023) sore di Seoul untuk parade Pride kota, setelah berbulan-bulan berselisih dengan pejabat yang menolak permohonan untuk mengadakan acara di tempat biasanya di depan Balai Kota.

Perayaan tahunan, yang dimulai 23 tahun lalu sebagai pertemuan beberapa lusin orang, diperkirakan akan menarik lebih dari 100.000 orang ke kawasan bisnis ibu kota Euljiro. Lokasi baru berada di persimpangan utama sekitar setengah mil jauhnya dari situs tradisional di Seoul Plaza yang berumput, tempat simbolis yang sering digunakan oleh serikat pekerja dan kelompok protes lainnya.

Penduduk setempat dan turis bersorak saat pawai berlangsung, dengan orang-orang yang bersuka ria mengenakan bendera pelangi, berjalan di bawah payung warna-warni atau mengipasi diri setelah peringatan cuaca panas dikeluarkan sehari sebelumnya.

“Awalnya saya sangat tertekan saat pawai dipindahkan,” kata Choi Bomin, 26 tahun, di acara tersebut. “Namun, setelah saya datang ke sini hari ini, itu sangat memberdayakan. Orang-orang makin bersatu. Orang-orang melawan.”