Logo Bloomberg Technoz

"Kurangnya transparansi China di sini adalah sedikit masalah bagi dunia," tulis Brad Setser. "China secara struktural sangat sentral dalam ekonomi global sehingga apa pun yang dilakukannya, terlihat atau tidak terlihat, pada akhirnya akan memiliki dampak yang sangat besar pada seluruh dunia."

Sebuah contoh dari pengaruh Cadev China adalah peran mereka dalam mendanai Belt and Road Initiative, yang berasal dari dorongan pasca krisis keuangan untuk mendiversifikasi kepemilikan, menurut mantan penasihat perdagangan pemerintahan Biden itu.

Ilustrasi pengadilan China (Sumber: Bloomberg)

"Mereka adalah kekuatan ekonomi yang cukup kuat sehingga seluruh rencana infrastruktur global yang berlangsung selama puluhan tahun, dalam beberapa hal, hanyalah efek samping dari keputusan tahun 2009 yang menemukan cara-cara baru dalam mengelola devisa China” tulisnya.

"Ya, China adalah ekonomi yang sangat besar - dan ekonomi yang tidak seimbang - sehingga semua aktivitasnya memiliki dampak global yang sangat besar."

Menurut laporan CEIC, total cadev resmi China per April 2023 mencapai US$3,2 triliun atau naik sedikit dari bulan sebelumnya. Angka ini setara dengan 15,6 bulan impor di bulan April.

(bbn)

No more pages