Logo Bloomberg Technoz

BI Siapkan Uang Tunai Rp93 T Selama Libur Panjang Idul Adha

Elisa Valenta
29 June 2023 21:25

Warga menghitung uang rupiah di layanan kas keliling Bank Indonesia di Pasar Tebet, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Warga menghitung uang rupiah di layanan kas keliling Bank Indonesia di Pasar Tebet, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai hingga Rp 93 triliun untuk mencukupi kebutuhan nasional selama periode libur Hari Raya Idul Adha, cuti bersama, dan liburan sekolah.

Jumlah ini sesuai proyeksi angka kebutuhan uang pada Juni-Juli 2023 yang naik sebesar 11,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, BI melakukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka peredaran uang tunai. Hal ini dilakukan BI bersamaan dengan dorongan kepada masyarakat untuk mengoptimalkan pembayaran non tunai.

Ada beberapa hal yang dilakukan BI dalam melakukan peredaran uang tunai, yaitu memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan perbankan di seluruh Indonesia melalui kantor perwakilan BI di daerah, sehingga perbankan memiliki pasokan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur. 

Kata Erwin, BI menginstruksikan, perbankan untuk memperhatikan kebutuhan uang tunai di daerah yang diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama libur panjang ini. “Ketersediaan tersebut termasuk pada terminal ATM/CRM (Cash Recycle Machine) di seluruh Indonesia serta memastikan terminal tetap beroperasi demi kenyamanan masyarakat,” katanya.