Logo Bloomberg Technoz

Libur Panjang Iduladha, PLN Siapkan 616 SPKLU bagi Pengguna EV

Rezha Hadyan
29 June 2023 12:20

SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 3 (Dok. PLN)
SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 3 (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) siap melayani masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pada musim liburan Iduladha 1444 H.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan perseroan telah menyediakan 616 SPKLU di 284 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya berada di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area yang ada di sejumlah ruas tol di Jawa dan Sumatra.

“Kami pastikan untuk semua titik SPKLU juga aman. PLN siap menyambut pemudik molis yang melintas di jalur tol.  SPKLU itu tersebar di Palimanan, Pemalang, Batang, Semarang, Solo, Tuban Madiun, Surabaya, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, sampai di Bali bahkan lintas Sumatra sudah kami siapkan. Semua sudah tersedia titik SPKLU,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (29/6/2023).

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan PLN memberi kemudahan bagi para pemudik untuk mencari lokasi SPKLU. Salah satunya melalui aplikasi PLN Mobile yang memungkinkan pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan lokasi SPKLU terdekat.

Adapun, untuk beban puncak listrik nasional saat Iduladha 1444 H diproyeksi mencapai 35,7 gigawatt (GW). Angka tersebut masih di bawah kemampuan pasok maksimal sebesar 44,5 GW, sehingga terdapat cadangan sebesar 8,8 GW.