Logo Bloomberg Technoz

Ia menyebut alasan memilih hari Sabtu lantaran untuk memaksimalkan pelaksanaan penyembelihan hingga proses pendistribusian hewan kurban.

"Kalau hari ini kami fokus untuk penyelesaian salat Ied, sedangkan Jumat harinya pendek. Kami inginnya full dari pagi sampe sore, makanya dipilih hari Sabtu, dan alhamdulillah hari itu kan masih hari tasyrik," kata Asep.

Asep mengatakan, selain alasan tersebut juga, penyembelihan pada Sabtu merupakan permintaan dari para pemilik hewan kurban, agar dapat menyaksikan proses penyembelihannya.

"Banyak yang meminta kepada kami pelaksanaan hari Sabtu supaya yang mengirimkan hewan kurban bisa menyaksikan," kata Asep.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin juga turut melaksanakan salat di Masjid Istiqlal yang dilaksanakan Kamis, (29/6/2023). Ma'ruf Amin salat Id bersama istrinya, Wury Estu Handayani.

Selain wapres, sejumlah tokoh pejabat turut diundang menunaikan ibadah salat Id di Masjid Istiqlal. Mereka ialah Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hingga para perwakilan Kedutaan Besar Negara.

Salat dilaksanakan pada pukul 07.00 dengan imam solat Moh. Salim Gazali dan khotib Abdul Moqsith Ghazali yang merupakan Dosen UIN Syarif Hidayatullah dan Katib Am Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

(ibn/wdh)

No more pages