Logo Bloomberg Technoz

Masjid Istiqlal Terima 51 Hewan Kurban, Disembelih Akhir Pekan

Sultan Ibnu Affan
29 June 2023 10:40

Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan hewan sapi jenis Limousin yang berbobot 1,1 ton di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan hewan sapi jenis Limousin yang berbobot 1,1 ton di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pelaksana tugas (Plt) Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Asep Saepudin mengatakan hewan kurban Iduladha 1444 H yang tiba di masjid tersebut telah mencapai sebanyak 43 ekor sapi dan delapan ekor kambing. Jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah.

"Alhamdulillah hewan kurban pada tahun ini di Istiqlal 43 ekor sapi dan delapan ekor kambing. Kami juga masih stand by, sampai hari ini masih ada yang mengirimkan hewan kurban," kata Asep di Masjid Istiqlal, Kamis  (29/6/2023).

Di antara puluhan hewan kurban tersebut, juga terdapat 2 ekor sapi raksasa yang masing-masing memiliki berat 1,2 ton dan 1,1 ton pemberian Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Penyembelihan pada Sabtu

Asep mengatakan, penyembeliahan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilakukan pada Sabtu pagi (1/7/2023). Untuk teknis pembagiannya, kata Asep, akan disalurkan melalui lembaga dan yayasan yang telah mengajukan proposal maupun berdasarkan hasil survei internal Masjid Istiqlal kepada lokasi-lokasi yang membutuhkan.