Logo Bloomberg Technoz

Pariwisata Thailand Kian Lesu Gegara Turis China Makin Sepi

News
28 June 2023 19:30

Wisatawan di pantai Pattaya, Thailand (Sumber: Bloomberg)
Wisatawan di pantai Pattaya, Thailand (Sumber: Bloomberg)

Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, RHB Bank Bhd. memperkirakan Thailand berisiko gagal mencapai target menggaet 30 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2023, di tengah anjloknya kedatangan turis asal China.

Kedatangan masuk dari China ke Thailand tahun ini diestimasikan turun di bawah 5 juta, jauh di bawah target 7 juta yang diharapkan oleh pemerintah, tulis Ekonom Senior Bank RHB Barnabas Gan dalam sebuah catatan. Kemungkinan perlambatan aktivitas ekonomi China pada paruh kedua tahun ini akan mengurangi permintaan untuk pariwisata outbound, katanya.

Pelancong asing yang memasuki Negeri Gajah Putih mencapai 12,5 juta dari 1 Januari hingga 25 Juni, menyitir data Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand. Secara kumulatif, kedatangan turis ke Thailand telah mencapai 2 juta setiap bulan antara Desember dan Mei.

Dengan demikian, kedatangan turis asing tahunan Thailand diperirakan berkisar antara 26 hingga 28 juta pada 2023, menurut RHB. Angka itu masih dua kali lebih tinggi dari penghitungan tahun lalu sebanyak 11,2 juta kunjungan.