Logo Bloomberg Technoz

Inilah yang harus diwaspadai:

Apa saja gejala malaria?

Gejalanya bisa berupa demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, mual, muntah dan diare. Gejala biasanya dimulai antara 10 hari dan empat minggu setelah infeksi, meskipun dapat muncul hingga satu tahun kemudian.

Bagaimana malaria menyebar?

Sebagian besar dari 240 juta kasus tahunan di dunia disebarkan oleh gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya yang belum lahir, melalui transfusi darah atau dari jarum suntik.

Bagaimana pengobatannya?

CDC mengatakan pasien yang diduga menderita malaria harus menjalani tes darah dan tes diagnostik cepat jika tersedia. Perawatan termasuk mengonsumsi obat antimalaria seperti klorokuin atau atovakuon dan proguanil, tergantung dari mana infeksi diduga berasal.

Apa yang terjadi jika Malaria tidak diobati?

Jika tidak diobati, malaria dapat berkembang menjadi penyakit yang parah, menyebabkan komplikasi termasuk kejang, gagal ginjal, sindrom gangguan pernapasan akut, koma, dan berpotensi kematian.

Bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri?

Cara terbaik untuk melindungi diri dari malaria adalah dengan mencegah gigitan nyamuk. CDC merekomendasikan untuk menggunakan obat nyamuk yang terdaftar di Badan Perlindungan Lingkungan, mengenakan baju dan celana lengan panjang yang longgar, menggunakan kasa nyamuk di jendela dan pintu, dan menyingkirkan barang-barang yang dapat menampung air di tempat nyamuk dapat bertelur.

(bbn)

No more pages