Logo Bloomberg Technoz

AS Temukan Penularan Malaria Pertama dalam 20 Tahun Terakhir

News
28 June 2023 14:20

Ilustrasi nyamuk. (Photo By triwidana via Envato)
Ilustrasi nyamuk. (Photo By triwidana via Envato)

Alex Millson - Bloomberg News

Bloomberg - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperingatkan bahwa penyakit Malaria telah menyebar dari nyamuk ke manusia di AS untuk pertama kalinya dalam 20 tahun. Empat kasus malaria Plasmodium vivax yang ditularkan nyamuk telah dilaporkan di Florida dalam dua bulan terakhir, dan satu kasus juga ditemukan di Texas. Semua pasien dikatakan membaik setelah menerima pengobatan.

CDC mengatakan dalam saran kesehatan bahwa nyamuk Anopheles, yang ditemukan di banyak daerah di negara itu, “mampu menularkan malaria jika mereka menggigit orang yang terinfeksi malaria.” Namun, ditekankan, risiko tertular malaria di AS "sangat rendah". 

Sebelum Covid, sekitar 2.000 kasus malaria dilaporkan di AS setiap tahun, hampir semuanya berasal dari pelancong yang pernah mengunjungi negara-negara penderita malaria. Infeksi menyebabkan antara lima sampai 10 kematian terjadi setiap tahunnya.

Penularan malaria terakhir kali dilaporkan di AS adalah pada tahun 2003, ketika delapan kasus terdeteksi di Palm Beach, Florida.