Logo Bloomberg Technoz

China & AS Berlomba Adu Kuat Gaet Investor Kembangkan AI

News
28 June 2023 13:50

Ilustrasi ChatGPT. (dok Bloomberg)
Ilustrasi ChatGPT. (dok Bloomberg)

Jane Zhang dan Sarah Zheng – Bloomberg News

Bloomberg, Sektor teknologi China memiliki obsesi baru yakni bersaing dengan raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) seperti Google dan Microsoft Corp. Ini menjadi babak baru dalam perlombaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) global yang sangat berbahaya.

Pengusaha miliarder, insinyur tingkat menengah, dan veteran perusahaan asing sekarang memiliki ambisi yang sangat konsisten untuk mengalahkan AS sebagai saingan geopolitik China dalam teknologi yang dapat menentukan pertaruhan kekuatan global. Di antara mereka adalah maestro internet Wang Xiaochuan, yang terjun ke lapangan setelah ChatGPT OpenAI memulai debutnya di media sosial pada bulan November. 

Wang bergabung dengan jajaran ilmuwan, pemrogram, dan pemodal China termasuk mantan karyawan ByteDance Ltd., platform e-commerce JD.com Inc. dan Google yang diperkirakan akan mendorong pengeluaran sekitar US$15 miliar untuk teknologi AI tahun ini.

Bagi Wang, yang mendirikan mesin pencari Sogou yang dibeli Tencent Holdings Ltd. dalam kesepakatan senilai $3,5 miliar kurang dari dua tahun lalu, kesempatan itu datang dengan cepat. Pada bulan April, lulusan ilmu komputer ini telah mendirikan startupnya sendiri dan memperoleh $50 juta sebagai modal awal.