Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Australia Turun, Spekulasi Kenaikan Suku Bunga Acuan Reda

News
28 June 2023 12:50

Bank Sentral Australia. Sumber: Mercury Bloomberg
Bank Sentral Australia. Sumber: Mercury Bloomberg

Swati Pandey – Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Australia mereda lebih dari tinggi dari ekspektasi pada Mei. Ini menjadi dasar kuat bagi Reserve Bank untuk menghentikan siklus pengetatan suku bunga acuan, yang sudah berlangsung selama 14 bulan, pada pertemuan kebijakan minggu depan dan menjadikan mata uang lebih rendah.

Data dari Biro Statistik Australia menunjukkan indikator harga konsumen naik 5,6% pada Mei dari tahun sebelumnya, turun dari 6,8% pada April dan lebih lambat dari perkiraan kenaikan 6,1%. Setelah tidak memasukkan komponen bergejolak (volatile food) yang mudah menguap, rata-rata pemangkasan tahunan turun menjadi 6,1% dari 6,7% di bulan April.

Spekulasi kenaikan suku bunga acuan mereda di kalangan pelaku pasarpada hari Selasa, dan nilai tukar mata uang dolar Australia turun menjadi 66,26 sen AS pada pukul 11:46 pagi di Sydney, membuat kerugiannya menjadi 1%, dengan imbal hasil obligasi pemerintah tiga tahun juga lebih rendah. Saham memperpanjang keuntungan menjadi 1,3%.

“Peningkatan tahunan bulan ini sebesar 5,6% merupakan kenaikan terkecil sejak April tahun lalu, penurunan inflasi lebih sederhana” kata Michelle Marquardt, kepala statistik harga ABS dikutip dari Bloomberg News, Rabu (28/6/2023).