Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Kucurkan Rp8,9 T untuk Atasi Stunting di Indonesia

Elisa Valenta
28 June 2023 09:30

Kantor Bank Dunia (Bloomberg)
Kantor Bank Dunia (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Dunia (World Bank) sepakat memberikan pendanaan senilai US$600 juta (setara Rp8,9 triliun) untuk mengatasi masalah stunting (kekurangan gizi) anak di Indonesia. 

Dukungan pendanaan tersebut juga ditujukan untuk perluasan upaya Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan gizi untuk remaja perempuan dan perempuanm hamil.

Dana tersebut ditujukan untuk mendukung program Bank Dunia Investing in Nutrition and Early Years (INEY) Tahap 2. Bank Dunia mengidentifikasi pengurangan angka stunting sebagai hal yang penting bagi negara-negara untuk mencapai potensi produktifnya secara utuh. 

Program ini akan dikembangkan berdasarkan banyak keberhasilan yang telah diraih sebelumnya, dengan fokus pada menjaga momentum untuk mencapai sasaran 14%. 

Program ini ditujukan untuk melanjutkan dan memperdalam kepemimpinan nasional dalam upaya pengurangan stunting, meningkatkan penyelenggaraan beragam intervensi yang berdampak-tinggi, spesifik-gizi dan peka-gizi, serta memperkuat koordinasi di tingkat daerah–masyarakat dalam konteks pengurangan stunting. Program ini akan dijalankan menggunakan pendekatan Program untuk Hasil (Program for Results – P4R), di mana dukungan keuangan dikeluarkan ketika Pemerintah mencapai hasil program yang spesifik.