Logo Bloomberg Technoz

“Anda sebenarnya mencegah perang saudara,” katanya kepada 2.500 tentara yang berkumpul di upacara Kremlin. "Dalam situasi yang sulit, Anda bertindak dengan jelas dan koheren."

Komentarnya tampak bertentangan dengan kemudahan Prigozhin dan pasukannya melintasi 780 km wilayah Rusia selama 24 jam, memblokir unit tentara di sepanjang jalan tanpa perlawanan berarti. Prigozhin menghentikan gerak majunya di Moskow pada Sabtu malam setelah adanta kesepakatan yang ditengahi Lukashenko.

Putin juga terlihat mengatakan pada sekelompok tentara bahwa anggaran negara telah sepenuhnya membiayai operasi Wagner. Lebih dari 276 miliar rubel (Rp 48,4 triliun) digunakan untuk gaji dan asuransi untuk Wagner sepanjang tahun hingga Mei serta pembayaran kepada perusahaan pemiliknya untuk memasok makanan dan katering untuk tentara.

“Saya harap tidak ada yang mencuri apa pun, atau, katakanlah, mencuri sedikit saja, dalam pekerjaan ini,” kata Putin. “Tapi tentu saja kami akan menyelidiki semua ini.”

Dinas Keamanan Federal Rusia mengumumkan pada Selasa pagi bahwa mereka telah menutup penyelidikan kriminal terhadap Wagner atas pemberontakan itu, yang juga merupakan bagian dari kesepakatan.

Kementerian Pertahanan di Moskow mengatakan telah mulai persiapan memindahkan persenjataan berat dari tentara bayaran ke unit-unit tentara Rusia.

Rentetan peristiwa yang cepat ini membuat Amerika Serikat (AS), Eropa, dan China bingung atas dampak politik dari pemberontakan yang menghancurkan citra Putin sebagai pemimpin Rusia ini. Krisis tersebut menyoroti perpecahan sengit di internal Rusia atas perang di Ukraina yang merupakan konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II, menyusul Upaya serangan balasan Ukraina yang terus mendorong pasukan Putin keluar dari wilayah mereka. 

“Sangat menyakitkan melihat peristiwa yang terjadi di Rusia selatan,” kata Lukashenko pada pertemuan dengan perwira militer di ibu kota Belarusia, Minsk yang ditayangkan di televisi.

Ia pun menjanjikan bantuan kepada tentara bayaran Wagner yang datang ke Belarusia dengan biaya sendiri, dan menawari mereka pangkalan militer tetapi tidak akan mengizinkan mereka memiliki kantor perekrutan.

Prigozhin jmengatakan pada Senin bahwa Lukashenko juga telah menawarkan izin bagi Wagner beroperasi di negaranya.

(bbn)

No more pages