Logo Bloomberg Technoz

Aturan Usia Berubah, Warga Korsel Kini Setahun Lebih Muda

News
27 June 2023 17:35

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Sumber: Bloomberg)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (Sumber: Bloomberg)

Shinhye Kang dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Warga Korea Selatan akan berusia setidaknya satu tahun lebih muda esok hari. Hal ini karena negara tersebut mengubah perhitungan usianya, dari yang sebelumnya menghitung bayi yang baru lahir sebagai usia satu tahun, kini mengikuti perhitungan standar internasional.

Mulai Rabu (28/6/2023) semua wilayah yudisial dan administratif di Korea Selatan akan menggunakan standar usia internasional atau usia kalender. Langkah ini sudah diumumkan oleh Majelis Nasional sejak tahun lalu. Keputusan ini bertujuan untuk mengurangi kebingungan dan mematuhi norma global.

Warga Korea Selatan biasanya menyebut usia mereka satu atau dua tahun lebih tua dari warga negara lain karena waktu 9 bulan yang dihabiskan di dalam rahim dihitung. Korea Selatan adalah satu-satunya negara yang menggunakan praktik penghitungan tersebut. Sistem tradisional itu biasanya digunakan dalam kehidupan sosial dan di tempat kerja, di mana hierarki usia dianggap sangat penting.

Warga Korea Selatan (Korsel) kini lebih muda satu tahun usianya (Sumber: Bloomberg)

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengungkap niatnya untuk melakukan perubahan tersebut dalam kampanye pemilu tahun lalu. Langkah tersebut mendapatkan dukungan luas dari publik.