Logo Bloomberg Technoz

Profil Sergei Shoigu, Menhan Rusia Target Pemberontakan Wagner

News
27 June 2023 10:26

Menteri pertahanan Rusia, Sergei Shoigu (Sumber: Bloomberg)
Menteri pertahanan Rusia, Sergei Shoigu (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Wagner Group bikin geger. Tentara bayaran besutan Rusia ini bergerak maju ke Moskow. Aksi ini disebut sebagai pemberontakan yang ingin menggulingkan pemerintahan tetapi pimpinan mereka Yevgeny Prigozhin membantah tudingan tersebut. Ia menyebut aksi ini untuk menghukum para pemimpin militer yang disebut melakukan serangan rudal yang menewaskan tentara Wagner.

Salah satu yang mereka incar adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu. Lantas, siapa Sergei Shoigu dan perannya dalam pemerintahan Putin?

Sergei Shoigu bukanlah menteri biasa. Ia telah menjalin hubungan erat dengan Putin selama beberapa dekade di pemerintahan, menemaninya dalam perjalanan berburu dan menunggang kuda di gurun Siberia yang dipublikasikan secara luas sebagai tanda posisi  istimewanya di lingkaran dalam Putin.

Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Grup Wagner (Sumber: Bloomberg)

"Putin menghargai kesetiaan dan tidak akan mengecewakan orang-orangnya," kata Marie Dumoulin, direktur di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri. "Mengganti Sergei Shoigu atau Vitaly Gerasimov (panglima militer Rusia) setelah kejadian akhir pekan ini akan dipandang sebagai tanda menyerah pada tekanan Yevgeny Prigozhin."