Logo Bloomberg Technoz

China Berjuang Mempertahankan Nilai Tukar Yuan Tak Jatuh Dalam

News
27 June 2023 09:20

Ilustrasi mata uang Yuan China. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi mata uang Yuan China. (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China terus berusaha mengambil langkah lebih lanjut untuk memperlambat depresiasi nilai tukar yuan. Hari ini merupakan kedua kalinya, China kembali menetapkan tingkat referensi harian untuk mata uang yang dikelola pada tingkat yang lebih kuat dari perkiraan.

People's Bank of China menetapkan nilai tukar pada 7,2098 per dolar, 111 poin lebih kuat dari estimasi rata-rata dalam survei Bloomberg. Yuan dalam negeri membalikkan penurunan sebelumnya dan naik 0,3% setelah langkah tersebut.

Mata uang ini mengalami penurunan terbesar dalam hampir lima bulan terakhir pada hari Senin - penurunan sekitar 1% - karena sentimen memburuk terhadap prospek pertumbuhan negara tersebut.

Pergerakan nilai tukar yuan

Kinerja Yuan sedang buruk dibandingkan mata uang-mata uang Asia lainnya dalam sebulan terakhir di tengah tanda-tanda perlambatan pemulihan dan imbal hasil di China yang tidak menarik dibandingkan dengan pasar-pasar lain yang mengalami pengetatan kebijakan moneter. Namun dengan pelemahan yang terus meluas, para investor mulai menantikan respons resmi dari pemerintah China.