Logo Bloomberg Technoz

Prakiraan Cuaca 34 Kota Besar RI 27 Juni, Jakarta Bersahabat

Ezra Sihite
26 June 2023 21:30

Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Selasa (27/6) menunjukkan analisis atmosfer yang mengarah pada peningkatan curah hujan di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi BMKG, Senin petang (26/6) ada pertumbuhan awan-awan hujan yang terjadi. Kemudian konvergensi tampak di Kalimantan, Sulawesi bagian utara, Maluku dan Papua. 

"Potensi pertumbuhan awan hujan di sana lebih signifikan. Potensi hujan sedang hingga lebat masih terjadi di sebagain besar wilayah Sumatera, Jabar, Kalimatan Utara, Kalteng, Kaltim dan sebagian besar Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," dikutip dari rilis resminya.

Curah hujan yang tinggi akan bisa mempengaruhi aktivitas warga dan khususnya para pekerja yang berada di luar ruangan. Oleh karena itu disarankan membawa payung dan perlengkapan jas hujan hingga dan mewaspadai potensi risiko apabila terjadi bencana.

Bagaimana kondisi cuaca di 34 kota besar di Indonesia pada besok hari? Di sejumlah daerah terjadi hujan tetapi tak sedikit pula yang cuacanya masih cenderung bersahabat yakni berawan bahkan cerah berawan termasuk di Kota Jakarta.