Logo Bloomberg Technoz

Tito menyebut sampai dengan Juni 2023 ada 170 pj kepala daerah yang bertugas di seluruh Indonesia meliputi pj gubernur, pj walikota, dan pj bupati. Sejauh ini, seluruh pj gubernur menurutnya sudah menjalankan tugasnya dengan baik mengendalikan inflasi di masing-masing provinsi yang dipimpinnya.

“Kalau pj gubernurnya saya lihat bisa kendalikan inflasi. Kita akan pertimbangkan dan usulkan untuk bupati dan walikota stafnya dijadikan kepala daerah,” ungkapnya.

Sebagai catatan, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) pada Mei 2023 menunjukkan inflasi sebesar 0,09% dibandingkan demgan bulan sebelumnya (month to month/mtm). Sementara itu, secara tahunan (year on year/yoy), menunjukkan inflasi hingga 4,33%.

Kemudian untuk inflasi kelompok volatile food pada Mei 2023 tercatat mengalami peningkatan dibandingkan dengan perkembangan bulan sebelumnya. Kelompok volatile food mencatat inflasi sebesar 0,49% (mtm) atau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,29% (mtm).

(rez/evs)

No more pages