Logo Bloomberg Technoz

Mendagri Ancam Copot Kepala Daerah yang Gagal Kendalikan Inflasi

Rezha Hadyan
26 June 2023 16:40

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengancam akan mencopot penjabat (pj) kepala daerah yang gagal mengendalikan inflasi di daerahnya. 

Tito menyebut dirinya sudah mengantongi nama-nama pj kepala daerah yang akan dicopot dari jabatannya. Pj kepala daerah dinilai gagal mengendalikan inflasi apabila tingkat inflasi di daerahnya melampaui tingkat inflasi nasional selama tiga bulan berturut-turut.

“Ketika inflasi tidak terkendali sampai 4% terus menerus di atas nasional, dengan segala hormat, pj bupati atau walikota akan kita drop dan [ambil] dari tempat lain yang lebih mampu untuk mengendalikan inflasi,” katanya ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2023).

Sayangnya, Tito enggan memberikan bocoran mengenai pj kepala daerah yang akan dicopot dari jabatannya lantaran gagal mengendalikan inflasi. Namun yang jelas, di antaranya berasal dari sejumlah provinsi di Sumatera dan Maluku Utara.

“Ada yang Maluku utara dari Sumatera ada, pokoknya datanya kita punya. Gampang kok kalau ngikutin inflasi di daerah-daerah per provinsi,” ujarnya.