Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia: Konsumsi Swasta jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi RI

Krizia Putri Kinanti
26 June 2023 15:30

Kantor Bank Dunia (Bloomberg)
Kantor Bank Dunia (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 4,9% tahun ini, lebih rendah dari 5,3% tahun lalu. Hal ini disampaikan dalam laporan enam bulanan Bank Dunia Indonesia Economic Prospects, Senin (26/6).

Bank Dunia mengatakan inflasi mengalami penurunan lebih cepat daripada yang diantisipasi sebelumnya, berkat menurunnya harga minyak global, hasil panen yang lebih baik, beragam intervensi pemerintah untuk mengurangi penyumbatan suplai terutama terkait makanan, serta apresiasi Rupiah.

Seiring menurunnya tekanan inflasi, Bank Dunia melihat pertumbuhan akan lebih ditopang oleh konsumsi sektor swasta, sementara ekspor diproyeksikan menurun seiring menurunnya harga-harga komoditas dan permintaan global.

"Inflasi yang menurun membantu mengembalikan ruang bagi kebijakan moneter untuk mendukung perekonomian," tulis Bank Dunia dalam laporannya.

Posisi kebijakan fiskal Indonesia mulai kembali normal, merefleksikan konsolidasi fiskal yang terjadi lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini didasari oleh meningkatnya pendapatan secara umum dan disiplin belanja publik.