Logo Bloomberg Technoz

Arief mengungkapkan harga gula di tingkat petani akan naik dari Rp 11.500/kg menjadi maksimal Rp 12.500/kg. Adapun, untuk harga gula di tingkat konsumen akan naik di kisaran Rp 14.500/kg hingga Rp 15.500/kg dari sebelumnya Rp 13.500/kg.

Sebelumnya, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa menjelaskan harga gula internasional belakangan ini mengalami kenaikan cukup signifikan.

Kenaikan tersebut diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari perubahan peruntukan tebu menjadi etanol di Brasil, hingga menurunnya produksi di India dan Thailand.

Neraca gula dunia (Dok. Bloomberg)

“Terkait dengan penyesuaian harga acuan pemerintah, Bapanas telah menginisiasi pertemuan dengan seluruh stakeholders gula nasional guna membahas usulan dan masukan mengenai berapa besaran HAP yang wajar," katanya, akhir Mei 2023.

Ketut menjelaskan perubahan HAP gula konsumsi akan menghitung struktur biaya produksinya seperti apa, sehingga harga yang wajar tersebut bisa didapatkan. Angka tersebut yang akan dibawa ke rapat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Pada saat harga keluar petani tidak rugi, begitu sampai di konsumen juga harganya masih wajar,” tegasnya.

(rez/roy)

No more pages