Logo Bloomberg Technoz

Aturan Revisi Harga Penjualan Gula Segera Diterbitkan

Rezha Hadyan
26 June 2023 14:20

Gula kristal putih./Bloomberg-Prakash Singh
Gula kristal putih./Bloomberg-Prakash Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam waktu dekat akan menerbitkan aturan terkait penyesuaian harga gula konsumsi di tingkat petani maupun konsumen.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya akan segera menerbitkan Peraturan Kepala Bapanas (Perbadan) untuk menyesuaikan harga pokok penjualan (HPP) gula konsumsi di tingkat petani. Beleid tersebut juga akan mengatur harga acuan penjualan (HAP) komoditas pangan tersebut di tingkat konsumen.

"Perbadan gula segera kita siapkan, dalam waktu dekat," kata Arief usai Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (26/6/2023).

Menurut Arief, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sudah menginstruksikan Bapanas untuk segera menerbitkan Perbadan yang mengatur HPP dan HAP gula konsumsi. Sebab, kementerian tersebur sudah melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang membahas upaya stabililisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

Produksi gula di Eropa turun terparah dalam lima tahun terakhir karena cuaca buruk (Bloomberg)

“Sudah ada Rakornas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Mohon ditunggu Perbadannya. Intinya, ini adalah harga yang baik untuk petani. Harga di petani tebu pastinya akan naik dari sebelumnya,” tuturnya.