Logo Bloomberg Technoz

Harga emas lebih cenderung dipengaruhi oleh kurs riil dan dolar, dan sejarah menunjukkan bahwa aksi unjuk rasa yang dipicu oleh risiko geopolitik cenderung hanya jangka pendek. Harga emas masih diperdagangkan di bawah rata-rata pergerakan 100 hari, level teknis utama yang ditembus awal bulan ini karena prospek pengetatan moneter lebih lanjut oleh bank sentral AS dan Eropa tetap jadi perhatian utama.

Situasi di Rusia mengikuti pekan yang berat bagi para investor karena kecemasan yang meningkat lantaran kekhawatiran resesi, khususnya di Eropa. Analis ANZ Banking Group, Brian Martin dan Daniel Hynes dalam sebuah catatan mengatakan bahwa latar belakang ekonomi yang lemah telah mendorong permintaan safe haven.

Para manajer keuangan telah kembali positif pada emas, meningkatkan posisi net-long sekitar 2% dalam pekan yang berakhir 20 Juni setelah taruhan bullish anjlok hampir 20% di sesi sebelumnya.

Emas spot naik 0,2% menjadi US$1.924,41 per ons pada pukul 11 pagi di Singapura. Indeks Bloomberg Dollar Spot turun 0,1% setelah naik 0,8% minggu lalu. Sementara itu, perak, platinum, dan paladium naik.

(bbn)

No more pages